Jumat, 16 Juli 2021
1. Siswa mampu membilang dan menulis lambang bilangan bulat.
2. Siswa mampu menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
3. Siswa mampu mengurutkan bilangan bulat.
4. Siswa mampu menggunakan konsep bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI PEMBELAJARAN : BILANGAN BULAT
1. Membaca dan menulis lambang bilangan bulat
Banyak hal di sekitar kita yang berhubungan dengan bilangan bulat. Seperti menuliskan ketinggian, suatu tempat, suhu, keuntungan atau kerugian dalam berdagang. Ini semua berkaiatan dengan bilangan bukat. Bilangan bulat sendiri merupakan bilangan yang terdiri dari bilangan negatif (Bilangan bulat negatif adalah bilangan yang dimulai dari bilangan negatif satu ke bawah yaitu : -1, -2, -3, -4, -5, dan seterusnya.) , nol, dan bilangan positif (Bilangan bulat positif adalah bilangan yang dimulai dari bilangan satu ke atas yaitu 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. ).
Pengamatan :
Perhatikan gambar dan bacaa berikut dengan cermat !
Makanan dan minuman disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu tertentu. Beberapa saat, suhu makanan dan minuman dalam lemari pendingin mencapai 30C di bawah 00C. suhu ini dpat dituliskan -30C atau dibaca negatif tiga derajat celcius. Kemudian makanan dan minuman dikeluarkan dari lemari pendingin, suhu makanan dan minuman menjadi 120C, maka dapat ditulis sebagai bilangan bulat 12 dan dibaca positif 12 atau cukup dibaca 12
Pada garis bilangan, bilangan bulat digambarkan sebagai berikut :
Tentukan bilangan bulat yang lebih dari -5 dan kurang dari 5 ?
a. Jika yang dibandingkan sama-sama positif, maka langsung dapat dibandingkan mana yang lebih besr dan yang lebih kecil.
Lambang-lambang untuk membandingkan dua bilangan bulat sebagai berikut:
- a lebih dari b, ditulis a > b
- a kurang dari b, ditulis a < b
- a lebih dari atau sama dengan b, ditulis a ≥ b
- a kurang dari atau sama dengan b, ditulis a ≤ b
873 > -945
Tidak ada komentar:
Posting Komentar